SAATNYA MENGUNGKAP!!!

Memahami Wahyu Allah 3

In Alquran on Maret 25, 2011 at 22:52

Arrahman, Yang Telah mengajarkan Al Quran. Dia menciptakan manusia. Mengajarnya keterangan (jelas dan tepat). (Arrahman:1-4)

Rahmat itu pada rububiyah-Nya Allah (al-an’am:12) agar manusia mengimani ayat-ayat-Nya dan mengadakan perbaikan diri dan lingkungannya (al-an’am:54-55)

Katakanlah: “Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi.” Katakanlah: “Kepunyaan Allah.” dia Telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang. dia sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya. orang-orang yang meragukan dirinya mereka itu tidak beriman (al-an’am:12)

Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat kami itu datang kepadamu, Maka Katakanlah: “Salaamun alaikum. Tuhanmu Telah menetapkan atas Diri-Nya rahmat, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, Kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, Maka Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan Demikianlah kami terangkan ayat-ayat Al-Quran (supaya jelas jalan orang-orang yang saleh, dan supaya jelas (pula) jalan orang-orang yang berdosa. (al-an’am:54-55)

Ada rahmat konsekuensinya azab (siksa) (yunus:44) bagi mereka yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Allah namun berbuat semaunya sendiri (al-kahfi:57) dan setelah azab itu datang mereka tidak dapat lari (berlindung) (al-kahfi:58) begitulah ketetapan waktu dari Allah jika negeri-negeri didalamnya penduduk berbuat zalim terhadap dirimereka sendiri (al-kahfi:59)

Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikitpun, akan tetapi manusia Itulah yang berbuat zalim kepada diri mereka sendiri (Yunus: 44)

Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang Telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya lalu dia berpaling dari padanya dan melupakan apa yang Telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sesungguhnya kami Telah meletakkan tutupan di atas hati mereka, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka; dan kendatipun kamu menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk selama-lamanya (Kahfi :57)

Dan Tuhanmulah yang Maha Pengampun, lagi mempunyai rahmat. jika dia mengazab mereka Karena perbuatan mereka, tentu dia akan menyegerakan azab bagi mereka. tetapi bagi mereka ada waktu yang tertentu (untuk mendapat azab) yang mereka sekali-kali tidak akan menemukan tempat berlindung dari padanya (kahfi:58)

Dan (penduduk) negeri Telah kami binasakan ketika mereka berbuat zalim, dan Telah kami tetapkan waktu tertentu bagi kebinasaan mereka (kahfi:59)

Rahmat dan derajat (kemajuan) bagi tiap orang (al-an’am:132-134) dan bagi mereka derajat apa yang telah diusahakannya (al-ahqaf:19)

Dan masing-masing orang memperoleh derajat-derajat (seimbang) dengan apa yang dikerjakannya. dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan. Dan Tuhanmu Maha Kaya lagi mempunyai rahmat. jika dia menghendaki niscaya dia memusnahkan kamu dan menggantimu dengan siapa yang dikehendaki-Nya setelah kamu (musnah), sebagaimana dia Telah menjadikan kamu dari keturunan orang-orang lain. Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu pasti datang, dan kamu sekali-kali tidak sanggup menolaknya. (al-an’am:132-134)

Dan bagi masing-masing mereka derajat menurut apa yang Telah mereka kerjakan dan agar Allah mencukupkan bagi mereka (balasan) pekerjaan-pekerjaan mereka sedang mereka tiada dirugikan (al-ahqaf:19)

Bekas dari rahmat Allah itu supaya diteliti (ar-ruum: 48-50)

Allah, dialah yang mengirim angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendaki-Nya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat hujan keluar dari celah-celahnya, Maka apabila hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira. Dan Sesungguhnya sebelum hujan diturunkan kepada mereka, mereka benar-benar Telah berputus asa. Maka perhatikanlah bekas-bekas rahmat Allah, bagaimana Allah menghidupkan bumi yang sudah mati. Sesungguhnya (Tuhan yang berkuasa seperti) demikian benar-benar (berkuasa) menghidupkan orang-orang yang Telah mati. dan dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. (ar-rum:48-50)

Oleh karena itu manusia dilarang berputus asa dari rahmat Allah karena Dia itu maha pengampun dan rahim (az-zumar:53). Maka Allah menurunkan petunjuk wahyu-Nya sebagai perwujudan dari rahmat-Nya. Manusia adalah makhluk yang paling baik, namun begitu justru manusia itu satu-satunya makhluk yang bisa jatuh hingga posisi atau kedudukan yang paling rendah (hina). Kecuali bagi orang-orang yang beriman dan beramal soleh (at-tin: 4-6). Sedangkan untuk bisa beriman hanya bisa diperoleh apabila manusia mengikuti petunjuk wahyu-Nya. (asy-syura: 52, al-jin: 13-14). Sehingga manusia bisa kembali menempati kedudukannya yang semestinya. (al-qasas:85-86).

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Az-Zumar:53)

Orang-orang kafir dari ahli Kitab dan orang-orang musyrik tiada menginginkan diturunkannya sesuatu kebaikan kepadamu dari Tuhanmu. dan Allah menentukan siapa yang dikehendaki-Nya (untuk diberi) rahmat-Nya (kenabian); dan Allah mempunyai karunia yang besar (al-baqarah:105)

Sesungguhnya yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) Al Quran, benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali. Katakanlah: “Tuhanku mengetahui orang yang membawa petunjuk dan orang yang dalam kesesatan yang nyata”. Dan kamu tidak pernah mengharap agar Al Quran diturunkan kepadamu, tetapi ia (diturunkan) Karena suatu rahmat yang besar dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu menjadi penolong bagi orang-orang kafir (al-qasas:85-86)

Allah menggambarkan wahyu-Nya sebagai “air hujan”  dan manusia yang beriman sebagai “bumi yang mampu menyerap air hujan” sehingga bisa menumbuhkan biji-biji yang menghasilkan pepohonan yang memberikan dedaunan, bunga dan buah, yang berguna bagi manusia dan binatang. Hal itu memberikan pengertian bahawa orang-orang yang beriman kepada petunjuk wahyu-Nya dilukiskan sebagai “ bumi yang mampu menyerap air hujan” sehingga bisa menjadi dinamis, kreatif dan inovatif. Melahirkan tumbuhnya akhlak Qur’ani. Yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat. (yunus:24) Maka dengan diutusnya nabi Muhammad SAS. Merupakan rahmat bagi sekalian bangsa-bangsa di muka bumi ini. (al-anbiya:107-108)

Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang kami turunkan dan langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya Karena air itu tanam-tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. hingga apabila bumi itu Telah Sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-permliknya mengira bahwa mereka pasti menguasasinya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab kami di waktu malam atau siang, lalu kami jadikan (tanam-tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (kami) kepada orang-orang berfikir (yunus :24)

Dan tiadalah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. Katakanlah: “Sesungguhnya yang diwahyukan kepadaku adalah: “Bahwasanya Tuhanmu adalah Tuhan yang Esa. Maka hendaklah kamu berserah diri (kepada-Nya)” (al-anbiya:107-108).

 

  1. Thorn of Girl…

    Great information and facts might be uncovered on this world wide web web site….

  2. All that you have posted was true, as a matter of fact people are just doing what they wanted to do, even if it is bad

  3. Wow, your posts about technology amazed me, I cant believe tec hnology nowadays is so high-tech that cellphones are now obsolete

  4. Can you post here your most loved blogs in the internet?

  5. Through this post, I cleared my mind of all the confusing facts that had given me in your last posts.

  6. ok thank, & sorry

Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: